DHAMMA JAVA
Pusat Meditasi Vipassana
Jl. H. Ahmad No.99 Kampung Bojong, Gunung Gelis,
Kecamatan Sukaraja,Cisarua, Bogor, Indonesia.


Meditasi anak-anak dan remaja
yang diajarkan oleh S.N. Goenka Tradisi Sayagyi U Ba Khin


Selamat Datang
Kursus-kursus perkenalan meditasi satu-hari ditawarkan bagi anak-anak usia 8-12 tahun dan remaja usia 13-18 tahun. Selama kursus, para siswa belajar teknik-teknik meditasi Anapana, yang merupakan langkah pertama dalam praktek meditasi Vipassana.

Praktek secara rutin memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Mengembangkan konsentrasi dan ingatan
  • Meningkatkan kesadaran dan kesiagaan pikiran
  • Lebih percaya-diri
  • Memperbesar kapasitas bekerja dan belajar
  • Meningkatkan niat baik terhadap orang lain

Sepanjang kursus, siswa berada di bawah pengawasan, dengan jadwal yang realistis termasuk istirahat yang berkala. Kursus-kursus satu-hari biasanya dimulai pada pukul 08:00 pagi dan berakhir sekitar pukul 16:00 sore.

Semua kursus diselenggarakan semata-mata atas suatu sumbangan.
Tidak dikenakan biaya untuk kursus, bahkan tidak untuk biaya makan dan pengajaran. Seluruh pengeluaran dibiayai oleh sumbangan dari mereka yang telah menyelesaikan suatu kursus dan merasakan manfaat dari meditasi, menginginkan agar orang lain memperoleh kesempatan yang sama.

Bila Anda hendak mendaftar untuk sebuah kursus, silakan baca dengan seksama "Contoh Jadwal" dan "Tata Perilaku". Bagi orang-tua Anda, dipersilakan membaca "Lembar Informasi Untuk Orang-Tua atau Wali". Orang-tua Anda harus memberikan ijin bagi Anda untuk ikut serta.

Tata Perilaku untuk Kursus Anak-anak dan Remaja

Belajar untuk mempraktekkan meditasi Anapana sangatlah berharga karena hal ini akan membantu Anda menjadi orang yang lebih baik. Mempraktekkan meditasi Anapana akan membantu melatih pikiran Anda menjadi terkonsentrasi dan tenang. Ini akan membuat pikiran Anda kuat sehingga Anda akan mampu menghindari melakukan atau mengucapkan hal-hal yang menyakiti atau merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kekuatan pikiran ini akan membantu Anda menguasai pikiran sendiri.

Untuk membantu keberhasilan Anda dalam mempraktekan meditasi Anapana, adalah penting bagi Anda untuk sebaik mungkin mengikuti instruksi-instruksi yang akan diberikan selama kursus. Ketika Anda menjalani kursus, adalah juga penting agar Anda bersedia mengikuti Tata Perilaku yang tertulis di bawah. Seperti halnya rumah membutuhkan sebuah fondasi yang baik untuk menopangnya, begitu pun praktek Anapana membutuhkan suatu fondasi yang kuat. Fondasi yang kuat untuk Anapana ini dibangun dengan mengikuti Tata Tertib Disiplin. Ini akan membantu Anda untuk menghindari melakukan tindakan-tindakan yang menyakiti atau merugikan diri sendiri dan orang lain.

Selama sesi pertama meditasi di kursus, Anda akan diminta mengulangi lima janji atau aturan berikut. Lima janji atau aturan ini ditulis dengan tulisan tebal dan masing-masing diberikan penjelasannya. Mohon dibaca dengan seksama agar Anda bisa memahami apa yang Anda ucapkan bila saatnya tiba:

  • Saya tidak akan membunuh.
    Saya berjanji untuk mencoba memperlakukan semua mahkluk dengan baik dan tidak membunuh atau menyakiti mereka dengan cara apa pun.
  • Saya tidak akan mencuri
    Saya berjanji hanya akan mengambil apa yang diberikan kepada saya dan tidak akan mengambil apapun milik orang lain tanpa ijin.
  • Saya tidak akan menjalani kehidupan yang tidak benar.
    Saya berjanji akan memperlakukan anak laki-laki dan perempuan lain layaknya saudara atau sahabat karibku.
  • Saya tidak akan berbicara bohong, kasar, memfitnah, dsb. yang akan menyakiti orang lain.
    Saya berjanji akan berbicara dengan jujur, baik dan lembut, dan tidak akan berbicara bohong atau mengatakan hal-hal yang menyakitkan mengenai siapa pun atau kepada siapa pun.
  • Saya akan menjauhi segala sesuatu yang memabukkan.
    Saya berjanji tidak akan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan atau segala sesuatu yang memabukan, disamping itu menjaga agar pikiran saya tetap jernih.

Di bawah formulir pendaftaran Anda, ketika Anda menandatanganinya, itu berarti Anda setuju untuk berupaya menjalankan Tata Perilaku ini sebaik mungkin saat di kursus.

Lembar Informasi untuk Orang-Tua atau Wali

Kursus-kursus ini diselenggarakan di pusat-pusat Vipassana maupun tempat-tempat non-center lainnya memperk enalkan meditasi Anapana pada anak-anak muda usia 8 tahun ke atas , yakni suatu praktek pengamatan nafas alamiah untuk mengonsentrasikan pikiran. Metode ini dapat dipraktekkan dengan bebas oleh semua orang, di mana pun, dan kapan pun juga. Itu dipraktekan oleh orang dari berbagai ras, komunitas, dan agama dan terbukti sama bermanfaatnya bagi semua.

Anak-anak muda yang telah mulai berlatih Anapana menyadari banyaknya manfaat. Kemampuan konsentrasi mereka semakin tinggi, ingatan mereka semakin tajam, dan kemampuan mereka memahami subyek menjadi lebih baik, dan mereka menjadi lebih tenang. Umumnya, mereka memiliki alat praktis untuk dipergunakan dalam menghadapi persoalan atau tantangan macam apapun.

Selama kursus, siswa akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok sesuai umur mereka untuk berbagai aktivitas. Mere ka akan disertai pembimbing yang akan membantu, memberi dukungan dan perhatian yang diperlukan selama kursus berlangung.

Maksud/tujuan dari kursus ini adalah serius. Ini tidak cocok untuk anak-anak yang terlalu muda atau tak mampu mengikuti petunjuk. Ini juga tidak tepat untuk anak-anak yang tidak mampu memahami arti dan kegunaan jadwal harian atau melaksanakan disiplin yang berkaitan dengan kursus. Untuk berpartisipasi di dalam kursus, anak-anak berjanji untuk menjalani tata tertib moral perilaku. Pemisahan jenis kelamin akan diberlakukan setiap saat dalam area tempat tinggal maupun dalam ruang meditasi dan selama sebagian besar masa berlangsungnya kursus.

Ada tiga langkah dalam pelatihan: Moralitas, Konsentrasi dan Welas-asih (kasih sayang). Seluruh ajarannya diberikan lewat rekaman dalam bahasa siswa. Kursus juga menyertakan aktivitas kreatif dan fisik bila waktu memungkinkan.

Disarankan agar anak-anak diberikan kesempatan di rumah untuk meneruskan latihan Anapana selama jangka waktu yang singkat 10-15 menit tiap hari, setelah kursus. Mereka juga dapat didorong untuk ikut lebih banyak kursus.

Peran Anda selama kursus

Orang-tua atau wali tidak perlu menemani seorang anak selama kursus. Orang-tua atau Wali yang merupakan siswa Goenkaji dan para asisten gurunya biasanya disambut untuk tinggal dan berpartisipasi dalam proyek-proyek pekerjaan bila kursusnya dilangsungkan di sebuah Pusat Vipassana. Orang-tua dan Wali yang tidak turut membantu dalam kursus akan mengikuti suatu jadwal terpisah.

Orang-tua atau wali yang belum menyelesaikan sebuah kursus sepuluh-hari dengan Goenkaji atau asisten gurunya dipersilakan tinggal dengan anaknya selama pendaftaran, tapi harus meninggalkan tempat kursus dan kembali di akhir kursus.

Mendaftar untuk Kursus
Sebelum mendaftar untuk kursus, mohon pastikan Anda dan anak Anda telah membaca dan memahami Tata Perilaku dan Contoh Jadwal.

Mendaftar lewat internet
Anda dapat melihat jadwal kursus dan mendaftar lewat internet dalam bahasa Indonesian di: Jadwal Kursus

Mendaftar lewat fax, pos atau email
Anda bisa mengunduh formulir dan mengirimkannya kepada Minia lewat fax: 021-55750071 atau email ke info@java.dhamma.org.

Mohon agar orang-tua Anda mengisi Formulir Pemberian Ijin dan kemudian mengirinkannya kepada kami bersama dengan Formulir Pendaftaran yang telah Anda isi sendiri.

Bila permohonan pendaftaran Anda disetujui, kami akan mengirimkan Anda Surat Penerimaan. Surat ini akan mencantumkan sebuah daftar barang yang perlu Anda bawa, serta petunjuk jalan menuju tempat kursus.

Untuk informasi lebih detail silahkan hubungi :
Yayasan Meditasi Vipassana Indonesia
Jl. H. Ahmad No.99 Kampung Bojong, Gunung Gelis,
Kecamatan Sukaraja,Cisarua, Bogor, Indonesia.
Telp (Jakarta) : [62] (021) 97083528
Telp (Jogjakarta) : [62] (0274) 3249030
Fax : [62] (021) 55750071
Email : info@java.dhamma.org

Kembali ke atas

 

 

  English

  Halaman Utama

  Foto-foto Pusat

  Peta Lokasi di Dhamma Java

  Jadwal Meditasi

  Anak-Anak Internasional

  Siswa Lama

  Links

  Vipassana Indon

  Internasional

  Vipassana India

  Malaysia

  Pusat-pusat Asia



  Contoh Jadwal

  Kursus 1 hari

  08:00 - 09:00    Registrasi

  09:00 - 09:20    Pengarahan

  09:25 - 10:00    Anapana

  10:00 - 10:20    Istirahat

  10:25 - 11:00    Meditasi - Sesi 1

  11:00 - 11:30    Interaksi

  11:30 - 11:35    Istirahat

  11:35 - 12:10    Meditasi - Sesi 2

  12:10 - 13:00    Makan siang

  13:05 - 13:35    Meditasi - Sesi 3

  13:35 - 14:05    Interaksi

  14:05 - 14:10    Istirahat

  14:10 - 14:25    Meditasi - Sesi 4

  14:25 - 15:05    Permainan, Cerita

  15:10 - 15:30    Metta

  15:30 - 16:00    Makan ringan

  16:00                  Kursus berakhir